Sabtu, 05 Juni 2021

AKSI NYATA MODUL 1.2 PERAN DAN NILAI GURU PENGGERAK


PENERAPAN NILAI DAN PERAN GURU PENGERAK

Menjadi Guru Yang Mandiri dan Reflektif

 

Dari PPGP pada modul peran dan nilai guru penggerak, kami mempelajari tentang bagaimana peran dan nilai dari seorang guru penggerak. Ternyata untuk menjadi seorang guru penggerak bukan hanya pandai menyampaikan materi pelajarannya saja, tetapi seorang guru penggerak juga memiliki peran lain yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach dari guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. selain peran, seorang guru penggerak dituntut untuk memiliki nilai sebagai berikut: mandiri, refleksi, kolabratif, inovatif, serta berpihak pada siswa. Menurut kami kedua hal tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh seorang guru bukan hanya oleh guru penggerak.

 

 

berdasarkan hasil dari PPGP modul Peran dan nilai guru penggerak maka saya melakukan beberapa refleksi tentang apa peran yang sudah saya lakukan dan nilai apa saja yang saya sudah miliki selama menjadi guru selama 16 tahun menjadi guru menyadari bahwa ada beberapa peran dan nilai yang sudah kami lakukan dan yang masih perlu dikembangkan. Hal pertama yang kami lakukan untuk penerapan nilai dan peran guru penggerak adalah dengan menerapkan pada diri kami sendiri dengan berusaha mengembangkan kompetensi kepribadian kami sebagai pribadi yang positif sehingga menjadi pribadi yang lebih baik, dan berusaha menjadi teladan bagi orang-orang dalam komunitas. selain dari itu kami mulai mengasah kemandirian kami dan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan siswa serta kepentingan siswa sehingga pelajaran yang kami buat akan berpusat pada siswa.

 

hal lain yang kami untuk menumbuhkan nilai kemandirian dalam diri kami sebagai guru penggerak adalah dengan mengikuti berbagai webinar dan pelatihan untuk mendukung tugas kami sebagai guru, sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang baik kepada siswa kami. salah satu pelatihan yang kami ikuti adalah pelatihan pembatik level 1 yang diadakan oleh Rumah Belajar Kemendikbud. pelatihan ini meningkatkan pemahaman guru tentang fungsi dan peran TIK dalam pembelajaran. serta bagaimana pemanfaatan penggunaan sosial media dalam menyukseskan pembelajaran PJJ. selain dari itu kami jugamengikuti beberapa webinar yang diselenggarakan oleh Seameo tentang bagaimana penggunaan desmos dalam pembelajaran matematika. hal ini perlu dipelajari untuk kami guru sehingga pada akhirnya kami punya banyak pilihan pembelajaran apa yang akan kami lakukan dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada siswa. hal yang berikutnya setelah mengikuti pelatihan adalah berbagi dengan rekan guru dan mengajak mereka untuk ikut dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Rumah Belajar.

 

Untuk memudahkan kami melakukan sosialisasi maka kami perlu membangun komunikasi yang baik dengan berbagai komponen masyarakat lingkungan sekitar dan masyarakat sekolah (rekan sejawat, siswa, komite dan tenaga kependidikan) sehingga meningkatkan hubungan yang baik dengan masyarakat sekolah, hal ini akan menunjang kolabarasi yang dilakukan dengan rekan sejawat adalah dalam meningkatkan kompetensi rekan guru seperti dalam peningkatan kemampuan dalam penggunaan TIK dalam pembelajaran, berdiskusi tentang cara pengisian E-Raport secara online, berdiskusi dengan rekan sejawat  tentang program sekolah seperti pelaksanaan dan evaluasi Penilaian akhir semester, Ujian Sekolah, serta program yang akan, sedang dan telah dijalankan. berdiskusi dengan rekan guru sesama mapel dalam memecahkan masalah belajar siswa.

 

Dalam pelaksanaan aksi nyata tersebut kami didukung oleh kepala sekolah, wakil kepala dan rekan guru disekolah. semua pihak masyarakat sekolah memberikan ruang bagi kami sebagai guru penggerak untuk berkreasi dan melaksanakan program yang telah kami buat. meskipun hasil yang kami tunjukkan belum optimal tetapi kami ttelah ikut berusaha dalam mengkondisikan lingkungan sekolah sehingga teman guru dapat mengajar dan belajar dengan baik. semoga pada kesempatan berikutnya kami dapat mengembangkan diri dengan lebih baik.

rangkaian kegiatan yang kami lakukan selama aksi nyata adalah

Tahapan

Foto

Keterangan

Perencanaan


 

sosialisasi program

Pelaksanaan

 

 



 

pelaksanaan program pengembangan guru

 


 

pelatihan untuk mengembangkan kemampuan TIK

Refleksi


 

refleksi kegiatan yang sudah dilakukan bersama rekan guru.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: