PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GEOGEBRA
ada banyak aplikasi yang dapat membantu guru dalam proses belajar, khusus guru matematika ada satu aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh guru SD, SMP maupun SMA yaitu Geogebra. Pada materi persamaan garis lurus dan geometri aplikasi geogebra ini akan membantu guru untuk memahamkan konsep gradien kepada peserta didik. Oleh karena itu untuk praktik baik kali ini kami menggunakan model pembelajaran discovery Learning dengan media geogebra untuk mempelajari materi gradien.
A. Latar Belakang Pemilihan Tindakan
Ada tiga hal besar yang melatarbelakangi kami untuk memilih geogebra sebagai tindak lanjut dari refleksi yang kami lakukan, yaitu:
1. Murid yang tidak termotivasi, cepat bosan dan kemampuan kognitif yang cukup lemah.
2. Karakteristik materi yang cenderung harus dijelaskan dengan menggunakan gambar
3. Kemampuan guru dalam menggunakan IT sangat memadai.
Berdasarkan tiga hal tersebut maka diperlukan suatu tindakan yang dapat mengaktifkan mereka, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan media untuk memecahkan masalah. salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah Discovery Learning, model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Adapun media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah geogebra, media ini dipilih sebagai media yang membantu siswa dalam menghitung gradien garis lurus.
B. Model Pembelajaran Discovery Learning
Model Pembelajaran Discovery Learning yang sudah dilaksanakan adalah 6 tahapan dalam pelaksanaannya.
berikut adalah langkah pembelajaran yang sudah dilaksanakan:
1) Kegiatan Pendahuluan pada kegiatan
Ada beberapa yang dilakukan pada kegiatan pendahuluan yaitu memberikan salam, mengkondisikan peserta didik untuk belajar pada hari tersebut dan mengajak peserta didik untuk bersama-sama mengingat kembali materi prasyarat yang sudah diberikan, dan pemberian rangsangan (stimulation).
Pemberian rangsangan adalah tahapan pertama guru memberikan stimulus untuk menarik perhatian peserta didik, seperti dengan video, atau dengan gambar. Pada inovasi pembelajaran ini untuk menstimulus peserta didik digunakan video tentang manfaat gradien dalam kehidupan sehari-hari, dan gambar tangga dalam istana dalam loka.
Pernyataan/identifikasi masalah(problem statement): Dalam gambar tersebut kemudian Peserta didik diberikan suatu permasalahan kemudian mengidentifikasi masalah yang diberikan.
Pengumpulan data : Pada Tahapan ini peserta didik dengan menggunakan gawai yang mereka miliki, mencari cara untuk mengumpulkan data untuk dapat menjawab pertanyaan.
Pengolahan data: Hasil dari pengumpulan data kemudian menalisis data yang sudah diperoleh
Pembuktian : Hasil dari yang diperoleh peserta didik kemudian di cek dan diperiksa secara cermat, apakah sudah sesuai atau belum. kemudian mereka mempresentasikan hasil kerja kelompok.
3). Kegiatan Penutup
Menarik Kesimpulan: pada tahapan terakhir siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran.
Refleksi dan Evaluasi Kegiatan Pembelajaran: untuk memahami respon siswa dalam sebuah pembelajaran atau penyampaian materi. Hal ini dilakukan agar guru mampu memahami hal apa saja yang menjadi kelemahan dan kekuatan dari presentasi atau pembelajaran yang sudah diberikan. Untuk evaluasi berupa tes kognitif melalui aplikasi quizizz. Aplikasi ini dipilih karena menarik dan mudah digunakan oleh guru dan siswa.
C. Media Geogebra
Media geogebra adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar geometri. untuk menggunakan aplikasi ini peserta didik tidak perlu login terlebih dahulu atau mendaftar terlebih dahulu. Ada dua versi media geogebra yaitu: versi online dan offline.
versi online dapat di akses melalui link berikut ini geogebra classic.com. geogebra juga memiliki versi android yang bapak/ibu dapat mengambil di play store. untuk mengakses geogebra secara offline guru harus menginstal program geogebra di komputer atau di laptop.
D. Media Digital dan Pembelajaran Berdifferensiasi
Media digital adalah satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Media digital ini akan sangat menolong bapak/ibu dalam membuat pembelajaran digital. Saat memutuskan untuk menggunakan media digital maka bapak/ibu harus melakukan langkah sebagai berikut:
1. Ajarilah peserta didik kita bagaimana menggunakan media geogebra terlebih dahulu.
2. Susunlah langka kerja yang jelas sehingga peserta didik dapat bekerja dengan baik.
3. Gunakan pertanyaan terbuka sehingga peserta didik dapat belajar dari hal yang mudah untuk siswa yang kemampuan rendah, dan peserta didik dengan kemampuan tinggi dapat memilih angka yang lain untuk dijawa.
E. Refleksi Hasil dan Dampak Tindakan
Bagi Guru
Dengan menggunakan media geogebra guru lebih mudah untuk menggambar garis lurus, sehingga memudahkan guru untuk mengajak anak bereksplorasi dengan media.
Bagi Peserta Didik
Lebih bersemangat
Berinisiatif untuk Tahu
Lebih paham dengan materi yang diberikan
Dari refleksi yang dilakukan dikelas peserta didik menjadi senang dalam belajar, dan siswa yang biasanya bosan menjadi lebih bersemangat dalam belajar. lebih paham tentang materi yang diberikan.
Berikut adalah rekaman penerapan model Discovery Learning dengan Media Geogebra:
BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNITAS BELAJAR
1. BERBAGI PRAKTIK BAIK DI KOMUNITAS SAHABAT PEMBATIK NTB 2023 MELALUI PMM
berikut adalah rekaman webinar yang kami adakan pada hari sabtu 21 Oktober 2023: Rekaman Webinar Komunitas PMM
2. BERBAGI PRAKTIK BAIK DENGAN KOMUNITAS SALING BEME
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
2 komentar:
Masyaallah, semoga dengan pemanfaatan geogebra ini anak anak semakin memahami perbedaan gradien/kemiringan suatu garis. Selamat berinovasi Bu Erni, sukses selalu yaa aamiin...
MasyaAllah kak Erni kereeeennn mantaapp..Teruslah berinovasi dan sukses selalu...
Posting Komentar