Senin, 23 Oktober 2023

Berbagi Praktik Baik: Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Geogebra Pada Pembelajaran Matematika SMP

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GEOGEBRA 

Era digital 5.0 membuat kita guru terus berupaya untuk melakukan pembelajaran sesuai zaman yang sedang berkembang saat ini. Para orangtua dan guru semakin mengeluh tentang peserta didik yang semakin terlena oleh perkembangan teknologi. untuk mengimbangi kemampuan peserta didik dalam menggunakan komputer atau media digital lainnya maka guru seharusnya terus belajar untuk bisa menggunakan media dan memberikan alternatif aplikasi digital yang bisa membantu peserta didik dalam belajar, sehingga gawai/HP tidak hanya digunakan untuk bermain akan tetapi mampu memberikan alternatif lain yang bisa mereka gunakan untuk meningkatkan kemampuan mereka tidak hanya dibidang IT akan tetapi juga meningkatkan kemampuan siswa dibidang akademik. 
ada banyak aplikasi yang dapat membantu guru dalam proses belajar, khusus guru matematika ada satu aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh guru SD, SMP maupun SMA yaitu Geogebra. Pada materi persamaan garis lurus dan geometri aplikasi geogebra ini akan membantu guru untuk memahamkan konsep gradien kepada peserta didik. Oleh karena itu untuk praktik baik kali ini kami menggunakan model pembelajaran discovery Learning dengan media geogebra untuk mempelajari materi gradien.

A. Latar Belakang Pemilihan Tindakan

Ada tiga hal besar yang melatarbelakangi kami untuk memilih geogebra sebagai tindak lanjut dari refleksi yang kami lakukan, yaitu:

1. Murid yang tidak termotivasi, cepat bosan dan kemampuan kognitif yang cukup lemah.

2. Karakteristik materi yang cenderung harus dijelaskan dengan menggunakan gambar

3. Kemampuan guru dalam menggunakan IT sangat memadai.

Berdasarkan tiga hal tersebut maka diperlukan suatu tindakan yang dapat mengaktifkan mereka, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan media untuk memecahkan masalah. salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah Discovery Learning, model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Adapun media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah geogebra, media ini dipilih sebagai media yang membantu siswa dalam menghitung gradien garis lurus. 

B. Model Pembelajaran Discovery Learning 

Model Pembelajaran Discovery Learning yang sudah dilaksanakan adalah 6 tahapan dalam pelaksanaannya. 

berikut adalah langkah pembelajaran yang sudah dilaksanakan:

1) Kegiatan Pendahuluan pada kegiatan

Ada beberapa yang dilakukan pada kegiatan pendahuluan yaitu memberikan salam, mengkondisikan peserta didik untuk belajar pada hari tersebut dan mengajak  peserta didik untuk bersama-sama mengingat kembali materi prasyarat yang sudah diberikan, dan pemberian rangsangan (stimulation).

Pemberian rangsangan adalah tahapan pertama guru memberikan stimulus untuk menarik perhatian peserta didik, seperti dengan video, atau dengan gambar. Pada inovasi pembelajaran ini untuk menstimulus peserta didik digunakan video tentang manfaat gradien dalam kehidupan sehari-hari, dan gambar tangga dalam istana dalam loka.


2). Kegiatan Inti

Pada kegiatan inti siswa dibagikan dalam beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok  terdiri dari 4 orang peserta didik yang memiliki kemampuan yang berbeda. kemampuan yang beragam ini dimaksudkan untuk memudahkan peserta didik berdiskusi dan saling belajar. 

Pernyataan/identifikasi masalah(problem statement): Dalam gambar tersebut kemudian Peserta didik diberikan suatu permasalahan kemudian mengidentifikasi masalah yang diberikan.

Pengumpulan data : Pada Tahapan ini peserta didik dengan menggunakan gawai yang mereka miliki, mencari cara untuk mengumpulkan data untuk dapat menjawab pertanyaan.



Pengolahan data: Hasil dari pengumpulan data kemudian  menalisis data yang sudah diperoleh 

Pembuktian : Hasil dari yang diperoleh peserta didik kemudian di cek dan diperiksa secara cermat, apakah sudah sesuai atau belum. kemudian mereka mempresentasikan hasil kerja kelompok.


 

3). Kegiatan Penutup

Menarik Kesimpulan: pada tahapan terakhir siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran.

Refleksi dan Evaluasi Kegiatan Pembelajaran: untuk memahami respon siswa dalam sebuah pembelajaran atau penyampaian materi. Hal ini dilakukan agar guru mampu memahami hal apa saja yang menjadi kelemahan dan kekuatan dari presentasi atau pembelajaran yang sudah diberikan. Untuk evaluasi berupa tes kognitif melalui aplikasi quizizz. Aplikasi ini dipilih karena menarik dan mudah digunakan oleh guru dan siswa.

C. Media Geogebra

Media geogebra adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar geometri. untuk menggunakan aplikasi ini peserta didik tidak perlu login terlebih dahulu atau mendaftar terlebih dahulu. Ada dua versi media geogebra yaitu: versi online dan offline.

versi online dapat di akses melalui link berikut ini geogebra classic.com. geogebra juga memiliki versi android yang bapak/ibu dapat mengambil di play store. untuk mengakses geogebra secara offline guru harus menginstal program geogebra di komputer atau di laptop. 



D. Media Digital dan Pembelajaran Berdifferensiasi

Media digital adalah satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Media digital ini akan sangat menolong bapak/ibu dalam membuat pembelajaran digital.  Saat memutuskan untuk menggunakan media digital maka bapak/ibu harus melakukan langkah sebagai berikut:

1. Ajarilah peserta didik kita bagaimana menggunakan media geogebra terlebih dahulu.

2. Susunlah langka kerja yang jelas sehingga peserta didik dapat bekerja dengan baik. 

3. Gunakan pertanyaan terbuka sehingga peserta didik dapat belajar dari hal yang mudah untuk siswa yang kemampuan rendah, dan peserta didik dengan kemampuan tinggi dapat memilih angka yang lain untuk dijawa.

E. Refleksi Hasil dan Dampak Tindakan

Bagi Guru

Dengan menggunakan media geogebra guru lebih mudah untuk menggambar garis lurus, sehingga memudahkan guru untuk mengajak anak bereksplorasi dengan media.

Bagi Peserta Didik

Lebih bersemangat

Berinisiatif untuk Tahu

Lebih paham dengan materi yang diberikan

Dari refleksi yang dilakukan dikelas peserta didik menjadi senang dalam belajar, dan siswa yang biasanya bosan menjadi lebih bersemangat dalam belajar. lebih paham tentang materi yang diberikan.

Berikut adalah rekaman penerapan model Discovery Learning dengan Media Geogebra: 


Link Canva untuk materi gradien: slide canva

Link LK yang digunakan saat pembelajaran: Modul yang digunakan


BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNITAS BELAJAR 

Agar inovasi ini memberikan dampak positif yang lebih luas dan lebih bermanfaat maka perlu dilakukan suatu desiminasi baik secara luring maupun secara daring. berbagi praktik baik secara luring adalah hal yang baru bagi kami, tetapi menurut kami ini penting dilakukan untuk bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang dalam pendidikan. Harapannya akan banyak hal yang lain yang bisa dijadikan pelajaran. Berikut 2 komunitas yang digunakan untuk berbagi praktik baik. 

1. BERBAGI PRAKTIK BAIK DI KOMUNITAS SAHABAT PEMBATIK NTB 2023 MELALUI PMM

Berbagi secara daring adalah hal baru, untuk bisa melaksanakan kegiatan ini maka kami berkolaborasi dengan sesama sahabat pembaTIK 2023 dari kabupaten sumbawa NTB. Tujuan webinar kami adalah ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan memberikan sedikit ide yang kami miliki. Dengan ilmu yang masih minim akhirnya webinar ini dapat berlangsung pada pukul 14.00 - 16.00 waktu indonesia bagian tengah. Diikuti oleh guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan seperti SMP, SMA dan SMK. kesan yang kami dapatkan dari peserta webinar memacu semangat kami untuk terus memberi terbaik kami.





berikut adalah rekaman webinar yang kami adakan pada hari sabtu 21 Oktober 2023: Rekaman Webinar Komunitas PMM


2. BERBAGI PRAKTIK BAIK DENGAN KOMUNITAS SALING BEME 

Komunitas saling beme adalah salah satu komunitas sekolah yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang pedagogik maupun profesional yang akhirnya mampu mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Dari hasil refleksi kegiatan bapak ibu guru menganggap bahwa praktik berbagi ini sangat berguna bagi para guru untuk mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. 
Berbagi praktik baik ini akan menjadi agenda rutin bapak/ibu guru SMP Negeri 1 Sumbawa, harapannya para guru akan menemukan hal yang menarik dari pengalaman rekan guru yang lain. 



Demikian pembelajaran yang sudah kami lakukan dan kegiatan praktik baik yang sudah kami laksanakan. semoga dapat menginspirasi sahabat semua. 

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar




2 komentar:

Nur Aini Furqan mengatakan...

Masyaallah, semoga dengan pemanfaatan geogebra ini anak anak semakin memahami perbedaan gradien/kemiringan suatu garis. Selamat berinovasi Bu Erni, sukses selalu yaa aamiin...

Yuliaharyati mengatakan...

MasyaAllah kak Erni kereeeennn mantaapp..Teruslah berinovasi dan sukses selalu...