Rabu, 28 September 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 7: Structuralism Mathematics Oleh Marsigit

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
KOMENTAR ATAS Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 7: Structuralism Mathematics
Oleh Marsigit
PPS UNY 2011 (11709251046)

ASPEK ONTOLOGI:
struktualsm mathematic,logicism mathematics dan formalism mathematics adalah tiga pilar yang merupakan dasar dari matematika murni, matematika struktur hanya berisikan struktur dan pembuktian saja sehingga hanya merupakan ilmu bahasa saja belum dapat digunakan, diimplemtasikan dalam kehidupan sehingga matematika dapat digunakan untuk menyesaikan masalah sehari-hari. Sementara pembelajaran disekolah seharusnya menambahkan 2 aspek yang lain.

ASPEK EPISTEMOLOGI:
Pembelajaran matematika disekolah hendaknya tidak hanya mengembangkan structurlsm saja tetapi ketiga aspek yang ada harus dimasukkan dalam setiap materi yang diajarkan terkait dengan tugas mulia yang kita lakukan yaitu mendidik siswa tentunya kearah yang baik. Memperkenalkan siswa pada cara pikir dan budaya matematika sehingga yang terlihat bahwa matematika itu tidak hanya berupa angka saja.

ASPEK AKSIOLOGI:
memasukkan logicism mathematics-formalism mathematics-structuralism mathematics akan memudahkan siswa menyelesaikan masalah yang ada dibuku, dan mengembangkan pengetahuan mereka lebih mudah.
September 28, 2011 7:01 PM

Tidak ada komentar: