Sabtu, 26 November 2011

Elegi Guru Menggapai Diri

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
Elegi Guru Menggapai Diri
PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046)
Guru adalah salah satu orang yang di contoh dan di patuhi oleh oleh siswa-siswanya, dibandingkan dengan orang tua kata-kata seorang guru lebih didengar di banding orang tua mereka. Ketika guru meminta siswa untuk melakukan sesuatu siswa dengan mudah langsung mengerjakan tetapi saat orang tua memintai tolong sesuatu harus melakukan berulang kali.
Mengingat peran guru yang begitu penting dalam pembentukan karakter siswa maka selayaknyalah guru mengenal siapa dirinya, dan saya rasa itu tidaklah sesederhana yang kita bayangkan mengingat guru juga merupakan manusia yang biasa yang memiliki sifat-sifat yang senang sekali mereduksi. Posisi guru yang memiliki kuasa atas proses belajar dikelas terkadang memberikan peluang bagi guru untuk menutupi sifat-sifat siswanya. untuk menghindari kekuasaan yang mungkin terjadi seharusnya pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa dapat menunjukkan sifat mereka tanpa guru harus menutupi sifat mereka.
Terima kasih pak, elegi ini mengingatkan saya tentang peran saya sebagai seorang guru yang mendidik siswa, dengan peran ini tidak memberikan saya hak untuk berlaku sebagai subyek yang obsolut yang akan menututi sifat-sifat siswanya.

Tidak ada komentar: