Sabtu, 12 November 2011

Elegi Mendengarkan Tangisan Para Filsuf

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
Elegi Mendengarkan Tangisan Para Filsuf
PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046)

Filsafat mengajarkan untuk berpikir secara intensif dan ekstensif berarti berpikir sedalam-dalamnya dengan tidak ada yang lebih dalam lagi serta berpikir seluas-luasnya tidak ada yang lebih luas lagi namun karena keterbatasan yang dimiliki maka untuk membuat komen memerlukan berbagai referensi, ternyata hal itu justru membuat seorang menjadi Reduksionis dan Determinis jika salah menempatkan pada ruang dan waktu.

Untuk pribadi saya mempelajari filsafat dengan segala keterbatasan yang ada pada diri saya terasa sangat sulit, karena bahasa yang digunakan agak berbeda sehingga penafsirannya pun menjadi salah. Untuk memudahkan terkadang saya harus mencari referensi yang sekiranya akan membantu saya memahami elegi yang saya baca. Mungkin saya adalah salah satu orang penyebab para filsuf, karena seringnya mereduksi pemikiran orang lain.

Pada kesempatan ini saya memohon maaf atas keterbatasan yang saya miliki, semoga kelak dengan lebih banyak membaca akan membuka hati dan pikiran sehingga suatu saat akan terlepas dari ruang dan waktu yang gelap.

Tidak ada komentar: