Senin, 07 November 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 8: Architectonic Mathematics (1)

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 8: Architectonic Mathematics (1)
PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046)

Sangatlah tidak mungkin mengajarkan axciomatic mathematics yang murni abtrak disekolah dasar dan menengah. Jika kita kaitkan dengan teori perkembangan kognitif maka anak SD belumlah mampu menerima sesuatu yang bersifat abtrak sedangkan untuk menengah baru akan belajar sesuatu yang abtrak, jika matematika diajarkan dengan matematika abtrak seluruhnya maka saya pesimis jika matematika itu akan menjadi sesuatu yang dapat digemari oleh anak-anak, mungkin ada yang menyukai tetapi anak-anak akan menganggap matematika sebuah kemewahan yang hanya dipelajari oleh orang tertentu sementara matematika tidak lepas dari keseharian mereka. Sementara untuk mempelajari matematika kesan pertama yang ingin kita sampaikan adalah matematika itu menyenangkan.
Menurut saya Architonic mathematic dapat dibangun ditingkat sekolah disesuaikan sejalan dengan kemampuan berpikir mereka , seperti membangun matematika dengan memulai dari sesuatu yang kongret.

Tidak ada komentar: