Jumat, 18 November 2011

Elegi Pertengkaran Biasa dan Tidak Biasa

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
Komentas Untuk Elegi Pertengkaran Biasa dan Tidak Biasa
PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046).

Biasa dan tidak biasa hal yang sering kita jumpai dalam berbagai sisi kehidupan dan setiap sisi kehidupan selalu ada hal yang biasa dan hal yang tidak biasa, yang menarik dan tidak pernah saya pikirkan adalah bahwa biasa dan tidak biasa adalah semua wadah. Sebagai wadah yang kosong tentu dengan mudah dapat dipermainkan, tapi saat wadah diisi dengan yang biasa maka yang terlihat sesuatu yang biasa, jika wadah yang diisi dengan sesuatu yang tidak biasa maka yang terlihat adalah sesuatu yang tidak biasa.
Menurut saya biasa dan tidak biasa adalah sesuatu yang relative, tergantung pada ruang dan waktu karena biasa dan tidak biasa untuk setiap individu tergantung dari ilmu yang mereka dapatkan dan mereka yakini, begitu juga dengan biasa dan tidak biasa yang tergantung ruang dan waktu setiap tempat memiliki adat dan aturan yang harus dipatuhi yang mungkin didaerah lain tidak ada.
Mungkin yang perlu kita garis bawahi bahwa yang biasa terlihat tidak mesti benar dan tidak biasa terlihat belum tentu salah, semoga kita dapat meningkatkan demensi kita menjadi manusia yang berilmu dan bernurani yang tidak mudah dipermainkan oleh wadah.

Tidak ada komentar: