Rabu, 28 September 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
KOMENTAS ATAS ELEGI PEMBERONTAKAN MATEMATIKA 4

Aspek Ontologi:
Dari pendapat Thomson : semakin abstrak suatu materi atau ide maka dibutuhkan pembuktian formal dan logis dari ide atau materi tersebut. Untuk dapat berfikir logis dan formal, maka diperlukan penguasaan kompetensi matematika yang baik.

Aspek Epistemologi:
Sayangnya penguasaan kompetensi matematika yang baik, tidak dapat terjaadi begitu saja. Diperlukan pembiasaan yang dapat dikembangkan melalui berbagai metode pembelajaran yang ada. Metode pembelajaran yang baik, yang terarah, yang memberikan ruang dan waktu kepada siswa untuk dapat mengembangkan intuisi matematika mereka dengan baik, tidak hanya kemampuan berhitung. Tentunya peran Pendidik amat sangat diperlukan untuk memilih metode pembelajaran yang dapat membantu siswa berfikir logis.

Aspek Aksiologi:
Dengan pembelajaran yang baik, diharapkan juga dapat mengembangkan kompetensi matematika dan kemampuan matematika intuisi siswa. Dengan demikian diharapkan siswa tersebut memiliki kemampuan berfikir logis dalam menyelesaikan masalah dengan baik.
September 19, 2011 3:37 PM

Tidak ada komentar: