Rabu, 28 September 2011

Elegi Pembrontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

1. aspek ontologi
aspek yang memang sudah ada dalam diri siswa yang dibangun dari pengetahuan yang sudah dimiliki maupun dari pengalaman siswa. pengetahuan baru akan berkembang dengan cepat atau lambat tergantung dari pengalaman setiap siswa.
2. aspek epistimologi
pengalaman baru siswa dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran yang tepat tentunya dengan menekankan pada pemahaman konsep, kemampuan penalaran dan pembentukan karakter. menurut saya pembelajaran akan berhasil sangat baik jika dilakukan dengan menyenangkan serta memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan pengetahuan dasar mereka.
3.aspek aksiologi
merupakan hasil dari pembelajaran yang diterapkan yang berupa nilai-nilai (yang berhubungan dengan norma, kehidupan manusia, etika,dan estetika)bukan hanya sekedar angka yang merupakan nilai kognitif terhadap siswa. dengan UN kita mungkin hanya dapat melihat peningkatan berupa angka tetapi tidak melihat sejauh mana matematika itu mampu membangun kepribadian siswa, sehingga dapat menciptakan generasi bangsa yang berkarakter. September 18, 2011 3:36 PM

Tidak ada komentar: