Selasa, 11 Oktober 2011

komentar atas Elegi Pemberontakan Para Normatif

ERNI GUSTIEN VIRGIANTI
PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046)
ONTOLOGI :
Ujian Nasional yang dilakukan di Indonesia membuat dampak yang kurang baik pada siswa, bahkan memberikan contoh pada siswa bentuk pendidikan karakter yang buruk. Dikatakan demikian karena pada pelaksanaan dilapangan untuk sekolah tertentu dan tempat tertentu terkadang pelaksanaan UN tidak dilandasi dengan kejujuran hati. Dampak buruknya lagi dengan ketidak jujuran yang ada siswa merasa bahwa pembelajaran menjadi tidak bermakna hanya baik buruknya selama mereka belajar hanya dinilai dalam 4 hari saja atau paling tidak 1 minggu.
EPISTEMOLOGI:
Menghapus UN mungkin kata yang terlalu pedas, kalau menurut saya alangkah baiknya UN itu hanya untuk melihat kemajuan pendidikan di Indonesia dalam kurun waktu tertenju saja bukan menentukan dalam kelulusan siswa karena menurut saya berhasil tidaknya pendidikan bukan dengan mampu menjawab 100% benar tetapi bagaimana pendidikan itu mampu menjadi sesuatu menjadi lebih baik.
AKSIOLOGI:
Menentukan kelulusan dengan bukan hanya dari hasil UN, akan membuat dunia pendidikan kita terbebas dari tekanan UN yang menyesakkan dada. Menjadikan pendidikan kita penuh kreatifitas baik dari guru maupun dari siswa.

Tidak ada komentar: